Cara Agar Bisa Swipe Up di Story Instagram

Selamat datang, Sobat Info! ๐ŸŒŸ

Halo, Sobat Info! Apakah kamu seorang pengguna aktif Instagram? Jika iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur โ€œSwipe Upโ€ di Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyisipkan tautan atau link langsung ke dalam cerita (story) kamu. Namun, fitur ini sayangnya tidak tersedia untuk semua pengguna. Nah, pada artikel jurnal kali ini, kami akan membahas secara lengkap cara agar bisa menggunakan fitur Swipe Up di Instagram Stories. Yuk, simak selengkapnya! ๐Ÿ‘‡

Pendahuluan

Sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu fitur Swipe Up di Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan sejumlah persyaratan tertentu untuk menyisipkan tautan atau link langsung ke dalam cerita mereka. Ketika followers melihat cerita tersebut, mereka dapat dengan mudah โ€œswipe upโ€ untuk langsung diarahkan ke tautan yang disertakan. Fitur ini sangat berguna bagi bisnis, konten kreator, atau pengguna lain yang ingin membagikan konten lebih lanjut atau mengarahkan followers ke laman tertentu di luar Instagram.

Sebelumnya, fitur Swipe Up di Instagram Stories hanya tersedia bagi akun bisnis yang memiliki lebih dari 10.000 pengikut atau akun verifikasi. Namun, Instagram telah mengubah aturannya, dan sekarang fitur ini hanya tersedia bagi akun yang telah mendapatkan โ€œLinkingโ€ dengan mematuhi beberapa kriteria yang ditentukan oleh platform. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memanfaatkan fitur Swipe Up, penting untuk memenuhi persyaratan tertentu.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memenuhi persyaratan dan menggunakan fitur Swipe Up di Instagram Stories. Kami juga akan memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari fitur ini agar kamu dapat memutuskan apakah fitur ini sesuai untuk digunakan dalam strategi pemasaran atau kampanye digitalmu. Selain itu, kami juga menyertakan tabel berisi informasi penting yang perlu kamu ketahui mengenai fitur ini. Jadi, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai! ๐Ÿ˜Š

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Swipe Up di Instagram Stories

Sebelum kamu mulai menggunakan fitur Swipe Up di Instagram Stories, penting untuk mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari fitur ini:

Kelebihan:

1. **Akses Mudah ke Tautan Eksternal**: Dengan fitur Swipe Up, kamu dapat memberikan akses yang lebih mudah bagi followers untuk mengunjungi tautan eksternal tanpa harus meninggalkan Instagram.

2. **Promosi Produk dan Layanan**: Fitur ini memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten khusus melalui tautan langsung di cerita mereka.

3. **Meningkatkan Lalu Lintas Situs Web**: Jika kamu memiliki blog, situs web, atau laman khusus, fitur ini dapat meningkatkan lalu lintas kunjungan ke situs webmu.

4. **Meningkatkan Keterlibatan Pengguna**: Tautan yang disisipkan di cerita dapat mendorong followers untuk berinteraksi lebih lanjut dengan konten yang kamu bagikan.

5. **Mengukur Kinerja Konten**: Akun bisnis yang telah mendapatkan fitur Swipe Up dapat melihat statistik dan menganalisis seberapa efektif tautan di cerita dalam menarik interaksi pengguna.

6. **Penggunaan Call-to-Action (CTA)**: Fitur ini memungkinkan kamu untuk memberikan CTA yang jelas kepada pengguna untuk mengunjungi tautan yang disertakan.

7. **Mendukung Strategi Pemasaran**: Bagi bisnis, fitur Swipe Up menjadi salah satu alat penting dalam strategi pemasaran dan promosi produk.

Kekurangan:

1. **Persyaratan Khusus**: Fitur Swipe Up hanya tersedia untuk akun yang telah memenuhi persyaratan tertentu, seperti jumlah pengikut yang cukup atau akun yang telah diverifikasi.

2. **Pengalaman Pengguna**: Beberapa pengguna mungkin merasa terganggu dengan banyaknya tautan eksternal di cerita pengguna lain.

3. **Keterbatasan pada Desktop**: Fitur ini hanya dapat diakses melalui perangkat mobile, dan tidak dapat digunakan melalui Instagram di desktop atau web.

4. **Konten Tidak Relevan**: Jika tautan yang disertakan tidak relevan dengan konten cerita, followers mungkin kehilangan minat atau merasa terganggu.

5. **Fitur Terbatas untuk Beberapa Negara**: Saat ini, fitur Swipe Up belum tersedia di semua negara, sehingga pengguna di negara tertentu tidak dapat menggunakannya.

6. **Membutuhkan Upaya Promosi**: Untuk mendapatkan jumlah pengikut yang memadai, akun bisnis perlu melakukan upaya promosi dan pengembangan basis pengikut.

7. **Fitur yang Rentan Digunakan oleh Akun Spam**: Karena keuntungannya, fitur ini juga sering digunakan oleh akun spam atau akun yang melakukan tindakan tidak sah.

Tabel Informasi tentang Fitur Swipe Up di Instagram Stories

Informasi Deskripsi
Judul Fitur Swipe Up di Instagram Stories
Ketersediaan Akun Bisnis dengan persyaratan khusus
Persyaratan Utama Minimal 10.000 pengikut atau akun verifikasi
Akses Melalui Perangkat mobile (tidak tersedia di desktop)
Manfaat Utama Mempermudah followers mengakses tautan eksternal
Penggunaan Promosi produk, layanan, atau konten khusus
Penting untuk Mengarahkan tautan yang relevan dan berkualitas

FAQ tentang Fitur Swipe Up di Instagram Stories

1. Apa itu fitur Swipe Up di Instagram Stories?

Fitur Swipe Up di Instagram Stories memungkinkan pengguna untuk menyisipkan tautan atau link langsung ke dalam cerita mereka.

2. Apakah semua akun dapat menggunakan fitur ini?

Tidak, fitur ini hanya tersedia untuk akun bisnis yang telah memenuhi persyaratan tertentu, seperti jumlah pengikut yang cukup atau akun yang telah diverifikasi.

3. Bagaimana cara mengaktifkan fitur Swipe Up?

Kamu harus memenuhi persyaratan jumlah pengikut atau mendapatkan akun verifikasi terlebih dahulu. Setelah itu, fitur ini akan otomatis aktif jika kamu memposting cerita.

4. Apakah fitur Swipe Up dapat digunakan di desktop?

Tidak, saat ini fitur ini hanya dapat digunakan melalui perangkat mobile dan tidak tersedia di desktop.

5. Bagaimana cara mengukur kinerja tautan di cerita?

Akun bisnis dapat melihat statistik dan menganalisis seberapa efektif tautan di cerita dalam menarik interaksi pengguna melalui fitur analitik Instagram.

6. Bisakah saya membagikan tautan apa saja di cerita?

Sebaiknya kamu hanya membagikan tautan yang relevan dan berkualitas untuk menghindari kesan spam atau tidak relevan bagi followers.

7. Apakah fitur Swipe Up tersedia di seluruh negara?

Saat ini, fitur ini belum tersedia di semua negara dan hanya dapat digunakan oleh pengguna di negara tertentu.

8. Apakah saya bisa menggunakan CTA pada cerita dengan fitur Swipe Up?

Tentu saja! Fitur ini memungkinkan kamu untuk menggunakan Call-to-Action yang jelas agar followers tertarik untuk mengunjungi tautan yang disertakan.

9. Apakah ada batasan jumlah tautan di cerita?

Ya, untuk menghindari spamming, biasanya hanya satu tautan yang diperbolehkan di setiap cerita.

10. Bisakah saya menggunakan fitur Swipe Up untuk promosi bisnis?

Tentu saja! Fitur ini sangat berguna untuk promosi produk, layanan, atau kampanye bisnismu.

11. Apakah fitur ini juga berfungsi di akun pribadi?

Sayangnya, tidak. Fitur Swipe Up hanya tersedia untuk akun bisnis yang telah memenuhi persyaratan khusus.

12. Bagaimana cara membedakan akun spam yang menggunakan fitur ini?

Sebagai pengguna, kamu dapat melaporkan akun yang melakukan tindakan spam kepada Instagram untuk ditindaklanjuti.

13. Apakah fitur ini berfungsi di Story Highlight?

Tidak, fitur Swipe Up hanya berfungsi di cerita reguler dan tidak dapat digunakan di Story Highlight.

Penutup

Semoga artikel ini memberikan kamu panduan lengkap mengenai cara agar bisa menggunakan fitur Swipe Up di Instagram Stories. Fitur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, promosi bisnis, dan meningkatkan lalu lintas situs web. Namun, kamu perlu memenuhi persyaratan khusus dan mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangannya sebelum menggunakannya.

Jangan lupa untuk selalu membagikan konten yang berkualitas dan relevan untuk followersmu. Manfaatkan fitur Swipe Up ini secara bijaksana untuk mencapai tujuan pemasaran dan kampanye digitalmu. Jika kamu belum memenuhi syarat, jangan khawatir! Terus kembangkan akunmu, dan suatu hari kamu juga dapat menggunakan fitur ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info! Semoga sukses dalam penggunaan fitur Swipe Up di Instagram Stories. Sampai jumpa dalam artikel-artikel menarik lainnya! ๐Ÿ˜Š

Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan informasi terkini yang kami miliki per tanggal September 2021. Persyaratan dan fitur di platform Instagram dapat berubah dari waktu ke waktu, oleh karena itu, pastikan untuk memverifikasi informasi terbaru langsung dari sumber resmi Instagram sebelum mengambil tindakan atau membuat keputusan. Penulis dan penerbit artikel ini tidak bertanggung jawab atas perubahan atau pembaruan yang terjadi setelah penulisan artikel ini.